Rabu, 26 Juni 2019

BLOG GURU SLB

Siap tidak siap, mau tidak mau, mampu tidak mampu seorang guru berhadapan dengan kemajuan ilmu dan tehnologi. Kemajuan ilmu dan pengetahun berubah sangat pesat. Kemajuan pesat ilmu pengetahuan diciptakan untuk mempermudah dan meringankan beban kerja manusia. 

Blog merupakan salah satu kemajuan di bidang ilmu pengetahuan. Dalam KBBI blog memiliki pengertian catatan harian atau jurnal pribadi di internet yang diakses siapa saja. Bukan jamanya lagi seorang guru gaptek atau gagap tehnologi. Guru sebagai seorang pengajar harus terus belajar. Belajar memanfaatkan blog sebagai salah satu sarana untuk mentransfer ilmu.  Guru bermutu menghasilkan siswa yang bermutu.   

Ikatan Guru Indonesia (IGI) sebagai salah satu organisasi yang sangat peduli dalam meningkatkan  profesionalitas guru. Telah banyak kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan tehnogi informasi dan komunikasi.  Begitu banyak pelatihan yang dilaksanakan oleh IGI. Salah satu pelatihan adalah SAGUSABLOG-23  

Satu Guru Satu Blog (SAGUSABLOG) dapat sebagai media komunikasi dengan guru yang lain.   Saling berbagi kebaikan dan ilmu pengetahun sesama komunitas guru. Sesuatu yang telah berhasil dalam proses belajar mengajar dapat ditularkan dalam komunitas. SAGUSABLOG dapat juga sebagai wahana menimba ilmu dengan anggota komunitas atau guru yang lain. Tidak saja nasional bahkan inernasional.  

SAGUSABLOG bermanfaat dalam belajar dan berlatih dalam membaca dan menulis.  Ah malas membaca dan menulis, buat apa membaca, berapa jam satu hari untuk membaca dan menulis. Tidak ada waktu untuk membaca dan menulis. Apalagi untuk menulis. Menulis sangat sulit. menulis satu kalimat  atau tiga kalimat sudah pusing. Namun mampu bertahan berjam-berjam di depan layar TV  menonton sinetron. Ini bukan jamannya lagi sebagai guru jaman Now. SAGUSABLOG  dapat mengembangkan kemampuan literasi seorang guru.
SAGUSABLOG sebagai wahana saling berbagi. Mau menerima tapi juga berbagi. Menjadikan guru dalam komunitas SAGUSABLOG dapat berimbang. Tidak hanya meminta tapi juga berkenan berbagi dengan pengalaman-pengalaman yang telah dialami. SAGUSABLOG  sebagai media berekspresi dan aktualisasi diri dalam kegiatan belajar mengajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WORKSHOP SAGUSABLOG 40 - AB DASAR

Ikatan Guru Indonesia (IGI)  adalah organisasi profesi yang peduli pada pentingnya memajukan dunia pendidikan dan keguruan Indonesia.  Bany...